Rabu, 13 Januari 2010

tugas pti10

COMPUTER SECURITY


Mengapa Kita Perlu Pengamanan?

Banyak pertanyaan yang mungkin timbul di pikiran kita. Mengapa kita membutuhkan kemanan, atau seberapa aman, atau apa yang hendak kita lindungi, seberapa pentingkah data kita sehingga perlu memusingkan diri dengan masalah keamanan. Pertama akan dijelaskan mengapa kita membutuhkan keamanan. Dalam dunia global dengan komunikasi data yang selalu berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu, koneksi internet yang semakin murah, masalah keamanan seringkali luput dari perhatian pemakai komputer dan mulai menjadi isu yang sangat serius. Keamanan data saat ini telah menjadi kebutuhan dasar karena perkomputeran secara global telah menjadi tidak aman. Sementara data anda berpindah dari satu titik ke titik lainnya di Internet, mungkin data tersebut melewati titik - titik lain dalam perjalanannya, yang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengganggunya. Bahkan mungkin beberapa pengguna dari sistem anda, mengubah data yang dimiliki menjadi sesuatu yang tidak anda inginkan. Akses yang tidak terotorisasi ke dalam sistem anda mungkin bisa diperoleh oleh penyusup, yang disebut 'cracker', yang kemudian menggunakan kemampuannya untuk mencuri data, atau pun melakukan hal - hal lain yang merupakan mimpi buruk bagi anda.


Aspek Keamanan Komputer

1.Privacy

Kerahasiaan data yang hanya dapat diketahui oleh pemilik data

2.Integrity

Modifikasi data yang hanya dapat dilakukan oleh pemilik data

3.Authentication

Validasi data yang menyatakan bahwa informasi tersebut asli dari pemilik

4.Acces Control

Membatasi pengguna untuk mengakses informasi


Macam - Macam Penyerangan

1.Interruption

Merusak atau menjadikan objek serangan tidak tersedia, dengan cara memberikan data2 hingga overload sampai terjadi error atau tidak dapat diakses.

2.Interception

Menyadap informasi tanpa harus diketahui oleh pemilik data informasi.

3.Modification

Mengubah isi dari informasi yang disampaikan melalui jalur akses data, sehingga membingukan penerima informasi.

4.Fabrication

Memasukkan data2 palsu kedalam objek serangan, sehingga akan merugikan 2 pihak terkait, Pemilik data informasi dan penerima informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar